SURAT PERJANJIAN KONTRAK KERJA
MAINTENANCE KOMPUTER



Yang bertanda tangan dibawah ini :
NAMA                     :
JABATAN                 :
PERUSAHAAN           : 
ALAMAT                  : 
Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama  ................... , selanjutnya disebut PIHAK PERTAMA.

NAMA                     : 
JABATAN                
PERUSAHAAN          
ALAMAT                 
Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama ...................., selanjutnya disebut PIHAK KEDUA.


Bahwa Pihak Kedua adalah seorang Teknisi Freelance yang bergerak dalam bidang usaha jasa dan perdagangan informasi teknologi.
Bahwa antara Kedua belah pihak telah mufakat untuk mengadakan perjanjian kontrak service pemeliharaan dan perbaikan komputer pada kantor Pihak Pertama dengan biaya sebesar


Rp. 000.000 / Perbulan

dengan ketentuan sebagai berikut:

Pasal 1
BENTUK KONTRAK KERJA
(1)     Bentuk kontrak kerja adalah pelaksanaan kegiatan Maintenance Support and Services (Jasa Perbaikan Komputer (CPU, Monitor ), Networking Maintenence and Installation (Instalasi dan perawatan Jaringan), Hardware and Software Computer Procurement (Pengadaan Hardware dan Software Komputer).
(2)     Daftar, jumlah dan klasifikasi komputer (CPU, Monitor,) yang menjadi tanggung jawab Pihak Kedua sebagaimana terlampir


Pasal 2
RUANG LINGKUP KERJA
Ruang lingkup kerja jasa perbaikan komputer adalah sebagai berikut :
(1)     Seluruh CPU (Central Processing Unit), daftar dan spesifikasinya sesuaidengan pasal 1 ayat 2 sebagaimana terlampir. Khusus untuk pelaksanaan service printer dan monitor dilakukan dengan kesepakatan baru diluar perjanjian yang telah disepakati ini
(2)     Install software dan perbaikan installasi jaringan (LAN)


Pasal 3
JANGKA WAKTU PELAKSANAAN

Jangka waktu pelaksanaan kontrak kerja jasa service komputer ini berlangsung selama 4 (empat) bulan, dan kontrak kerja ini dapat diperpanjang untuk masa kerja tahun berikutnya dengan ketentuan yang sama dan atau ada beberapa perubahan yang disepakati bersama.

Pasal 4
SISTEM KERJA
(1)     Pihak Kedua akan melakukan kunjungan service wajib sebanyak 2 (dua) kali dalam sebulan maksimal 4 (empat) kali dalam sebulan
(2)     Pihak Kedua akan melakukan kunjungan service wajib ke tempat Pihak Pertama minggu pertama dan minggu ketiga tiap bulannya


Pasal 5
ANGGARAN BIAYA
(1)     Pihak Pertama setuju untuk membayar jasa perbaikan bulanan komputer kepada Pihak Kedua sesuai dengan kontrak yang telah disepakati
(2)     Khususnya untuk Monitor dan Printer pembayaran dilakukan diluar kontrak service dengan kesepakatan baru sesuai perjanjian kedua belah pihak
(3)     Jasa perbaikan service komputer sebagaimana dimaksud pada pasal 5 ayat (1) belum termasuk biaya untuk penggantian spare part
(4)     Penyesuaian biaya jasa perbaikan computer akan dilakukan setiap 4 (empat) bulan sekali atau dengan kesepakatan bersama.


Pasal 6
PEMBAYARAN JASA SERVICE
Pembayaran jasa service komputer dilakukan oleh  Bagian Keuangan yang ditunjuk oleh Pihak Pertama setelah mendapatkan surat tagihan yang disampaikan oleh Pihak Kedua paling lambat tanggal 25 (dua puluh lima) setiap bulannya.

Pasal 7
HAK DAN KEWAJIBAN
(1)     Kewajiban Pihak Pertama
-  Menyediakan ruangan dan fasilitas kerja bagi Pihak Kedua untuk melakukan kegiatan, terutama untuk kegiatan-kegiatan sevice besar
-  Membayarkan jasa service kepada Pihak Kedua paling lambat tanggal 25 setiap bulannya
-  Membayar penggantian pembelian komponen (spare part) yang dilakukan oleh Pihak Kedua atas persetujuan dari Pihak Pertama
-  Semua Spare Part yang dibeli mendapatkan garansi dari Pihak Kedua disesuaikan dengan jenis barang yang dibeli
(2)     Hak Pihak Pertama
-  Pihak pertama berhak mendapatkan jaminan kepada Pihak Kedua bahwa semua perlengkapan (komputer) yang ada di ruangan dalam keadaan baik (dapat beroperasi dengan baik), dan semua komponen (spare part) yang diganti mendapatkan garansi (garansi spare part tidak termasuk jika terbakar atas kesalahan Pihak Pertama dan atau atas bencana alam) 

(3)     Kewajiban Pihak Kedua
-  Melakukan kegiatan service dan memperbaiki semua perlengkapan komputer yang ada di tempat Pihak Pertama dari kerusakan dan keausan
-  Membuat rencana kerja/service bulanan.
-  Memberikan ide-ide dan saran yang dikira perlu kepada Pihak Pertama demi keamanan penggunaan komputer
(4)     Hak Pihak kedua
-  Mendapatkan pembayaran jasa service komputer setiap bulan
-  Meminta penggantian uang atas pembelian spare part yang diganti sesuai dengan bukti pembelian spare part
-  Memberikan masukan dan pertimbangan khusus kepada Pihak Pertama atas kegiatan yang dilakukan oleh client pada saat menyewa internet (perangkat komputer rusak akibat kelalian user/pengguna)


Pasal 8
SILANG SENGKETA
-  Jika kemudian hari terjadi silang sengketa antara kedua belah pihak dalam suatu hal maka akan diselesaikan melalui jalan musyawarah, dan jika tidak tercapai kesepakatan maka perjanjian ini dapat dibatalkan oleh kedua belah pihak
-  Sebelum Perjanjian Kontrak kerja ini dibatalkan, seluruh pihak yang terikat dalam perjanjian kerjsama ini harus terlebih dahulu melaksanakan dan mematuhi semua akad-akad perjanjian sesuai hak dan kewajibannya pada saat kontrak ini dibatalkan
-  Dan atau pada saat pembatalan kontrak kerja ini, Pihak Pertama harus melunasi semua pembayaran yang tertunda dan Pihak Kedua harus memperbaiki dan melengkapi semua perangkat Lab (komputer) dan melaporkannya kepada Pihak Pertama


Pasal 9
LAIN-LAIN
Hal-hal yang belum diatur dalam surat perjanjian kerjasama ini akan dibicarakan kemudian hari dan akan dicatatkan pada lampiran tambahan surat kesepakatan kontrak kerja service komputer ini.

Pasal 10
PENUTUP
-  Surat perjanjian kerjasama ini dibuat tanpa ada tekanan dan paksaan sedikitpun.
-  Surat perjanjian kontrak kerja service komputer ini dibuat rangkap 2 (dua) diatas kertas bermatrai

cukup dengan mempunyai kekuatan hukum yang sama.

Batam, 01 November 2011


PIHAK PERTAMA


PIHAK KEDUA




Batam Computer Service